Seputar ISO 9001 dan manfaat nya



Mengapa ISO Sangat Penting ?



ISO 9001

Adalah standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Lembaga / organisasi yang telah mencapai akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional untuk sistem manajemen mutu dari produk / jasa yang dihasilkannya. ISO 9001 sudah diakui untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM). SMM menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan dan seperangkat prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata dalam aktifitas rutin perusahaan untuk terciptanya konsistensi mencapai kepuasan pelanggan.

Sistem manajemen mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan yang ditetapkan untuk dirinya sendiri, seperti:
• Memenuhi kebutuhan pelanggan untuk kualitas,
• Sesuai dengan peraturan, atau
• Tujuan lingkungan.

 Lembaga ISO Ditetapkan pada tanggal 23 Februari 1947,

lembaga ISO menetapkan standar dunia industri dan komersial. ISO awalnya dibentuk untuk membuat dan menerapkan standar internasional untuk apa pun. Standar yang kita sudah tahu, di antara jenis standar lainnya dari fotografi film, ukuran kartu telepon, kartu ATM, ukuran dan ketebalan kertas dan banyak lagi.
Dengan membangun standar anggotanya bahwa mereka telah mengundang perwakilan dari 130 negara bertemu untuk membahas standarisasi dalam Komite Teknis (TC), Sub-komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG).

Walaupun ISO termasuk organisasi nonpemerintah,tetapi ia mampu
untuk menetapkan standar yang sering menjadi hukum oleh persetujuan atau standar nasional membuatnya lebih kuat daripada kebanyakan organisasi non-pemerintah lainnya.

Saat praktek ISO menjadi konsorsium dengan hubungan yang kuat dengan pihak pemerintah. Peserta ISO badan standar nasional, termasuk salah satu dari masing-masing negara dan bisnis besar.ISO bekerja sama dengan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) yang bertanggung jawab terhadap standardisasi peralatan elektronik.

Apa ya kegunaan ISO dalam perusahaan ?

1. Meningkatkan citra perusahaan
2. Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
3. Meningkatkan efisiensi kegiatan
4. Meningkatkan manajemen organisasi untuk melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan korektif (plan, do, check, tindakan)
5. Meningkatkan penataan ketentuan undang-undang tentang pengelolaan lingkungan
6. Mengurangi resiko bisnis
7. Meningkatkan daya saing
8. Meningkatkan hubungan dan komunikasi internal yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan
9. Anda memiliki kepercayaan konsumen / mitra / investor


Pengguna ISO 9001:

Setiap jenis organisasi dapat memperoleh manfaat dari penerapan persyaratan ISO 9001 berdasarkan delapan prinsip manajemen:
1. Organisasi yang berfokus pada klien
2. kepemimpinan
3. Keterlibatan Orang
4. Pendekatan proses pendekatan sistematis untuk manajemen
5. Pembuatan Keputusan berdasarkan
6. Pendekatan yang nyata
7. Hubungan yang saling menguntungkan pemasok

Apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari ISO 9001 ?

  1. Kepuasan pelanggan – karena, produk secara konsisten telah memenuhi persyaratan-persyaratan pelanggan.
  2. Mengurangi ongkos  operasional – dengan penambahan  berkesinambungan pada proses-proses dan hasil dari efisiensi operasiona.
  3. Peningkatan hubungan pada pemegang kepentingan – termasuk semua  staf, pelanggan dan pemasok
  4. Persyaratan kepatuhan hukum – dengan pemahaman bagaimana persyaratan suatu ketentuan  dan perundang-undangan tersebut memiliki  pengaruh tertentu pada sebuah  organisasi dan semua  pelanggan anda.
  5. Peningkatan terhadap pengendalian manajemen resiko – dengan konsistensi secara terus-menerus dan adanya dapat  telusur sebuah  produk dan pelayana.
  6. Tercapainya keyakinan  masyarakat terhadap bisnis yang dijalankan – diperlihatkan dengan adanya verifikasi pihak ketiga yang independen pada standar yang diakui.
  7. Kemampuan guna  mendapatkan lebih tidak sedikit  bisnis – terutama  pemenuhan spesifikasi-spesifikasi pengadaan yang memerlukan  sertifikasi sebagai sebuah persyaratan untuk mengerjakan  suplai barang dan jasa.

Apa saja langkah-langkah untuk mendaftar ISO 9001 ?


Ada tiga langkah sederhana yaitu:


1. Permohonan pendaftaran dilakukan dengan melengkapi SMM Angket
2. Evaluasi ISO 9001 yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi - dimana organisasi harus mampu menunjukkan bahwa kualitas manajemen telah berjalan minimal dalam tiga bulan seluruh urutan (siklus) dari audit internal
3. Permohonan pendaftaran disetujui oleh badan sertifikasi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh pelanggan. Program 6 bulan atau 12 kunjungan audit pemantauan bulanan (tahunan) (monitoring) harus sepenuhnya dilaksanakan dan proses sertifikasi ulang setelah tiga tahun setelah berlakunya sertifikasi ISO 9001.

Nah,bagaimana kalian sudah paham dan tau apa itu ISO 9001 kan.

Jika kalian tertarik untuk mendaftarkan ISO 9001 di perusahaan anda ,kami siap untuk membimbing dan memberikan pelatihan ISO 9001 pada perusahaan anda.Anda bisa cek di website kami Consultan ISO . Anda bisa lihat kami juga sudah banyak bekerjasama dengan perusahaan dan lembaga-lembaga besar lainnya. Kami sangat antusias dengan pengembangan profesional Anda yang berkelanjutan dan berkomitmen untuk membantu Anda meningkatkan sistem dan mencapai tujuan Anda. Kami di sini untuk mendukung para profesional dalam manajemen di semua level dan organisasi dari semua jenis dan ukuran. Jika Anda membutuhkan saran tentang program pembelajaran dan pengembangan terbaik, kami akan dengan senang hati membantu Anda.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Cincin Nikah

Sejarah Cincin Kawin,Mengapa Selalu Di Jari Manis?